TOP DESTINASI

Mau Liburan ke Laos? Yuk Simak 50+ Referensi Tempat Wisatanya!

Advertisemen

Kembali lagi sama admin yang kece ya traveland-er.. Kali ini, admin mau share tentang tempat-tempat wisata yang da di Laos yang bisa kamu kunjungi.. Tahu kan Laos? Ya, laos adalah salah satu negara di asia tenggara yang selama ini banyak dijadikan destinasi favorit untuk berlibur.. Memang sih tak begitu terkenal karena mungkin selama ini, kita hanya sering dengan nama-nama seperti Singapura dan Malaysia saja sebagai destinasi wisata populer.. Ya, padahal sebetulnya di laos ini banyak lho objek wisata keren yang bisa kamu kunjungi.. Apalagi jika kamu memang sebagai orang yang ‘anti-mainstream’..

Sekilas tentang Laos..

Laos adalah sebuah Republik Demokratik Rakyat yang berada di kawasan teritorial asia tenggara. Letaknya sebetulnya ada di bagian tengah-tengah negara lainnya di asia tenggara, bahkan dikatakan sebagai negara asia daratan bukan maritim. Perbatasan Laos terdiri dari lima negara yakni; Tiongkok dan mianmar (barad daya), kamboja (selatan), vietnam (timur), thailand (barat). Ini adalah negara di asia tenggara yang tidak memiliki pantai..

Nama Laos sendiri berasal dari kata ‘Lan Xang’ yang artinya kerajaan gajah. Tak salah kalau selama ini, negara tersebut mendapatkan julukan sebagai ‘negara seribu gajah’. Laos lepas dari penjajahan Perancis pada tahun 1953 dan pada waktu itu berdiri dalam sistem pemerintahan kerajaan. Lalu kemudian pada tahun 1975, Laos merubah sistem pemerintahannya dengan sistem pemerintahan republik dengan dasar negara komunis.

Laos memiliki luas wilayah sekitar 236.800 km2 dan merupakan salah satu dari lima negara di dunia dengan sistem pemerintahan komunis. Sementara itu, jumlah penduduk sekitar 6,6 juta jiwa yang menggantungkan hidup mereka sebagian besar pada pertanian. Selain itu, pertumbuhan ekonomi juga berjalan baik di berbagai bidang seperti perikanan, perdagangan, industri dan lainnya.


Referensi Tempat Wisata Terbaik di Laos


Laos juga mencoba mengembangkan objek wisata yang cukup banyak dan terintegrasi dengan tujuan untuk mengundang para wisatawan agar datang kesana. Adapun jenis wisata yang paling banyak dikembangkan adalah jenis wisata budaya mengingat disana banyak sekali bangunan dan kebudayaan peninggalan jaman dahulu kala yang tetap dilestarikan dengan baik. Nah bagi anda yang butuh referensi tentang objek wisata terbaik disana, setidaknya ada beberapa pilihan daftar objek wisata populer yang bisa dikunjungi, diantaranya adalah sebagai berikut:

1# Budha Park

Salah satu objek wisata yang paling populer di Laos adalah Budha Park. Disana anda akan menemukan banyak sekali patung budha yang katanya dibangun pada tahun 1953, bahkan konon kabarnya ada sekitar 200 patung budha yang ada di taman tersebut. Lokasi tersebut biasanya juga disebut dengan Wat Xieng Khuan dan dibutuhkan jarak 25 km arah tenggara Vientiane untuk bisa sampai di lokasi tersebut.

2# Pha That Luang

Jika anda ingin melihat candi budha yang berlapiskan emas di Laos, maka anda bisa datang ke Pha That Luang ini. Candi ini berukuran cukup besar dan memiliki tiga tingkat sesuai dengan ajaran budha ini berada di pusat kota Vientiane. Berapa berat emas yang digunakan untuk melapisi stuba budha tersebut? Kabarnya berat emas yang digunakan tersebut mencapai 500kg di stupa dengan tinggi 45 meter dan lebar 69 meter tersebut.

3# Bolaven Plateau

Ini adalah objek wisata pegunungan yang ada di perbatasan Laos dengan Vietnam. Anda bisa menemukan banyak sekali keindahan dalam pengunungan tersebut serta yang tak kalah seru adalah dimana anda bisa menemukan banyak air terjun yang cukup tinggi. Anda bisa menikmati keindahan air terjun tersebut dengan mengabadikan foto atau ikut mandi di air terjun tersebut.

4# Victory Gate (Patuxai)

Lokasi lain yang juga bisa anda kunjungi saat liburan di Laos adalah patuxai atau dalam bahasa inggris artinya adalah victory gate. Monumen ini dibangun antara 1957 – 1968 sebgai peningat dari perjuangan perang mengusir penjajah. Waktu itu terjadi peperangan perebutan kekuasaan dalam melawan penjajah yakni perancis. Biasanya monumen tersebut ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik siang ataupun malam.

5# Wat Xieng Thong

Nah ini adalah lokasi liburan selanjutnya yang bisa kamu kunjungi saat di Laos. Ini adalah sebuah bangunan tradisional yang diciptakan dengan tujuan untuk simbol agama dan kesenian tradisional yang masih di pegang erat di negara tersebut. Tak beda jauh dengan rumah adat, tempat atau bangunan ini tetap dipertahankan meski sebetulnya sudah beberapa kali mengalami proses renovasi karena ada bagian yang sudah rusak.

6# Taman Nasional Phu Chi Fa

Nah jika anda yang mau pergi ke pegunungan, lokasi Phu Chi Fa ini juga sangat cocok sekali untuk dipilih. Ini adalah salah satu taman nasional yang ada di laos dan memang sampai saat ini banyak dikunjungi para wisawatan. Ketinggian dari puncak lokasi pegunungan disini yakni antara 1200 dan 1600 diatas permukaan laut. Anda bisa melakukan beberapa aktivitas wisata disana termasuk menikmati sunset atau hanya sekedar memperhatikan keindahan awan.

7# Musium Nasional Lao

Bagi anda yang mau berwisata sambil mempelajari sejarah, maka ada baiknya jika anda berkunjung ke musium nasional Lao. Lokasi ini memang sangat bagus dan cocok untuk mempelajari beragam hal tentang laos dari peninggalan-peninggalan sejarah. Anda bisa mengetahui mengetahui informasi demographi dan geografi, serta juga mengetahui kejadian-kejadian luar biasa yang terjadi di laos seperti perang dan lainnya.

8# Sungai Mekong

Selanjutnya, lokasi yang bisa kamu kunjungi adalah sungai mekong. Ini konon dikabarkan sebagai sungai terpanjang yang ada di asia dengan panjang 4.350 km. Sementara itu, arinya cukup deras dan panjangnya dinobatkan sebagai yang terpanjang di dunia tepatnya urutan ke 10. Anda bisa naik perahu untuk menyusuri sungai tersebut dan melihat keindahan alam yang masih alami disana sebetulnya.

9# That Dam

10# Luang Prabang

11# Vat Phou

12# Phou Si

13# Phu Chi FA

14# Wat Si Saket

15# Vang Veng

16# Pakse

17# Luang Prabang District

18# Ban Houayxay

19# Thakhek

20# Phonsavan

21# Savannakhet

22# Nong Khiaw

23# Luang Namtha

24# Khong Island

25# Champasak

26# Xam Neua

27# Muang Ngoi Neua

28# Sing

29# Paksong

30# Pak Beng

31# Pak Ou District

32# Muang Khua

33# Pakxan

34# Viag Xai

35# Nam Ha National Area

36# Phongsali

37# Muang Xay

38# Nong District

39# Hongsa

40# Salavan

41# Laksao

42# Muang Khong

43# Vieng Phouka

44# Tha Teng District

45# Sang Ha

46# Nakasong

47# Na Hin

48# Pak Lay

49# Pak Mong

50# Tha Ngon

51# Kasi

Laos memang menjadi salah satu negara yang kaya akan objek wisata yang cukup banyak ya. Diatas adalah beberapa pilihan objek wisata yang bisa anda kunjungi saat berkunjung kesana. Yuk siapkan semua kelengkapannya sebelum kamu terbang kesana nantinya.. Nah, selain objek wisata diatas memang masih ada banyak objek wisata lainnya, silahkan explore sendiri ya..
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Traveland Asia - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger